Photography

Pengaruh Diafragma Terhadap Foto Backlight

7:41 am

Riset... huahahaha berasa scientist aja pake ngebahas riset segala. Kemarin une baru aja beres ngurusin riset fotografi buat tugas akhir Lensa Kampus. Judulnya "Pengaruh Diafragma Terhadap Foto Backlight". Foto yg memanfaatkan backlight itu udah banyak banget yang make. Berhubung une penasaran sama 
"gimana bikinnya sih? kalo ngebelakangin cahaya bukannya jadi siluet? gimana biar dapetin sunflarenya?" 
une pun menganggkat judul tersebut. Sambil bertanya-tanya juga sih, ada ga ya pengaruhnya sama diafragma? dan kesimpulannya ternyata... ada.

Pokoknya, dari semua pembahasan yg saya sampaikan di tugas akhir itu, kesimpulannya adalah:
Semakin kecil angka diafragma (yang berarti semakin besar bukaan pada kamera), maka efek over exposure dari sunflare akan sangat terlihat. Sedangkan jika angka diafragma-nya semakin besar, maka efek yang terjadi pada foto backlight adalah efek siluet.  
Tips membuat foto backlight ada banyak di internet, une sebutin disini deh ya beberapa:

  1. Cari waktu untuk hunting itu sekitar jam 8 - jam 10 pagi dan juga jam 3 - jam 5 sore. Itu waktu emas atau hmm.. golden time buat ambil foto. terutama foto backlight. kenapa harus jam segitu? soalnya pada jam jam itu kita bisa menempatkan matahari dibelakang objek. 
  2. Metering di kameranya diubah jadi spot metering. karena exposure paling utama ada pada wajah (jika objeknya manusia)
  3. Diafragma diatur pada angka rendah jika ingin mendapatkan sunflare. tepat atau tidaknya tergantung pada pengaturan laiinya (speed dan ISO)
  4. ISO diatur pada angka kecil (tergantung pada kondisi cuaca juga sih). kalau mataharinya terik, ya pakai ISO 100 atau 200
  5. kalau objeknya manusia (dan apalagi perempuan) bagusnya nyari pas ada angin berhembus. huaa efek rambutnya bikin foto jadi dramatis. 
une masih butuh belajar lebih banyak dan hunting lebih sering lagi biar bisa jago. yang kalo sekali jepret, fotonya langsung WAH! hahaha 
ini ada beberapa foto hasil hunting kemaren. namanya juga riset, kalo hasilnya jelek, ya coba lagi :) se-ma-ngat-yuk!

SEEE THE SUNFLARE!!!

The Failed One

Lumayan lah yang ini

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE


unemenel

unemenel