Best Nine Photos

Jambore Tekstil 37

11:26 am

Udah lewat sih, tapi bagus fotonya jadi pake yang ini hehe.
Source: Instagram @jamteks37
Jambore Tekstil, kegiatan yang belum pernah absen saya hadiri sejak 3 tahun yang lalu. Acara internal kampus yang cukup besar karena pesertanya terdiri dari 4 angkatan aktif kampus dan alumni alumni yang sudah sulit dihitung jumlahnya.

Crew yang dibutuhkan untuk menghandle kegiatan ini banyak banget.  Saya termasuk ke salah satunya, yaitu crew di bagian MMD a.k.a multimedia, bidang yang menghandle dekorasi lokasi, publikasi kegiatan, dan dokumentasi kegiatan. Ini adalah kali kedua saya bergabung dengan team MMD

MMD itu apa sih ne?
MMD tuh singkatan dari Multimedia. Kalau urusan dekorasi, publikasi edan dan dokumentasi, itu urusan kita. Dari sekian banyak crew MMD, pembagian tugasnya dibagi ke tiga tupoksi yang tadi disebutin. Kalau saya condong ke dokumentasi + ikut nguli sedikit sedikit lah bikin bahan dekorasi hahaha

Di bidang itu ngapain aja? Jelasin dong Detail nya.
Seperti yang tadi sudah disebutkan, pertama, MMD ini bertanggung jawab atas dekorasi dari tempat Jambore Tekstil dilaksanakan. Yang harus kita dekorasi ini ada banyak, dari mulai bikin gapura selamat datang, design dan pemasangan penunjuk jalan dan atau background photobooth dan atau background panggung, sampai bikin menara di tengah lapangan itu kita semua yang ngerjain. Detailnya lagi sih banyak pokoknya gak luput dari cat, paku, bambu, cat, bambu, triplek dan gergaji. Yang dikerjain ga skala acara kampus yang Cuma pake gedung GSG, tapi skala lapangan. Banyak dan sangat membakar lemak (bagi yang laki-laki, perempuan sih yang ringan ringan aje).

Kedua, MMD bertanggung jawab atas publikasi acara jamteks. Medsos kita semua yang handle, pamflet, Banner, peta tenda, peta menuju lokasi, daaaaan lain-lainnya tentang publikasi kita yang handle. Jadi bagi mahasiswa yang suka Design Grafis atau ahli dalam per sosmed-an (yang update terooos followers banyaak) cocok banget gabung di departemen yang satu ini. Kalau nanti ada yang mengajukan diri untuk berkecimpung di ranah ini, kerjaannya gak hanya upload pamflet ini itu di socmed. Tapi sebagai crew publikasi, kita juga harus aware sama hari-hari nasional, hari-hari besar, dan hari-hari lainnya. Karena untuk membangun brand image yang baik, kita harus peka dengan keadaan dan kejadian sekitar, sehingga kita tidak boleh melewatkan hari-hari itu dengan hal-hal kosong. Minimal kita ikut melakukan selebrasi melalui media social, contohnya: Post di instagram tentang kartini pada hari kartini. (follow ig @jamteks37)

Ketiga, MMD juga bertanggung jawab dengan arsip dokumentasi semua momen di jamteks.  Untuk bagian ini, mahasiswa yang bertanggung jawab dalam dokumentasi akan dibagi tugas berdasarkan rundown yang ada dan dilakukan secara bergantian. Karena acara ini berlangsung hampir nonstop selama 3 hari 2 malam, maka harus diberlakukan sistem shift supaya kegiatan terdokumentasikan dengan baik dan ga ada crew yang terlalu kelelahan.  Dokumentasi yang bagian ini buat bukan hanya foto-foto, tapi juga harus bisa menghasilkan video dengan kualitas yang ga ngasal. Hazek. Jadi bagi temen-temen yang jago editing video, jago foto, boleh banget gabung ke sub tim ini :)

Kamu ikut ke sub tim mana? kerjaannya ngapain ne?
Wahaha jelas ikut sub tim Dokumentasi laaa. Ga jauh jauh dari video making sama foto. Untuk video editing sih kemarin dihandle sama Bara (@Baramantyo) dan foto dan pengambilan video dihandle banyak orang termasuk saya.

Kemarin saya udah ada di lokasi jamteks sejak H-2 acara dimulai, alasan pertama karena saya juga harus bantu tim dekorasi karena kerjaannya banyak, kedua, saya juga dapet tugas dokumentasi persiapan jamteks. Contohnya mendokumentasikan kegiatan pengmas mengajar dan dokumentasi bidang posko yang berjuang panas panasan mendirikan tenda.

Hari pertama disana lapangan kosong banget belum ada tenda sama sekali baik itu tenda pleton maupun tenda dome. Waktu pertama dateng dan lihat kondisi itu, rada bingung juga "wah berarti yang harus dikerjain bener-bener BANYAK banget ya buat semua tim". Setelah sekian jam berkutik di tempat, lambat laun, setelah gotong sana sini dan teriak sana sini, tim posko berhasil  mendirikan kurang lebih empat tenda pleton dan MMD juga sudah punya tiga tenda dome dan lahan untuk membuat menara. MMD memasang tanda jalan dan banner di sana sini + masang tulisan jamteks 37 raksasa sampai pukul 00.00 salut pisan sama semangat kerja samanya. Saya sih nunggu dan berdoa aja dengan setia di tenda, menunggu tugas yang lebih ringan dari menggali dan memaku haha.

Ada cerita lucu banget di hari itu. Bener-bener sulit dimengerti lah ceritanya. Pokoknya ada satu orang anggota tim kita yang ehm maaf, kebelet pup. Terus dia cari tempat pup sampai bunderan pangalengan yang notabene jaraknya lebih dari 2 km dari lokasi kita. Padahal kan di deket lapangan juga ada rumah warga, masjid dan kamar mandi umum. Kenapa juga dia harus pergi jauh-jauh ke bunderan pangalengan Cuma buat…. Pup…. (-____-)" wkwkwk kebanyakan nontong nyanyang ni orang.

Nb: di malam hari pertama, langitnya, masyaAllah, indah banget. Tebaran bintang dimana mana. Keliatan banget kerlap-kerlipnya. Mungkin karena belum ada polusi cahaya dari lampu-lampu ya :') langit belum pernah mengecewakan, baik dengan awan putih atau pun awan hitamnya. Selalu menyembunyikan keindahan.

DOKUMENTASI HARI 1


Hari kedua, lapangan sudah hampir penuh, tenda tenda pleton hampir lengkap berdiri dan MMD pun mulai berkutik dengan menara kebanggaannya. Kita, para wanita, ditugaskan untuk mengecat huruf-huruf raksasa di atas 'bukit' (well, undakan kali ya lebih tepatnya hahaha) dan saya pun ada tugas khusus untuk tim dokumentasi, yaitu mendokumentasikan Pengmas Mengajar. Hari ini hari yang menenangkan dan membahagiakan sekali. Saya bisa melihat sisi sisi lain dari teman-teman yang sudah saya kenal, sisi lembut kepada anak-anak kecil yang belum pernah saya lihat sebelumnya, baik itu dari para perempuan maupun laki-laki. Siapa sih yang nggak bahagia melihat orang-orang yang senyum dan tertawa lembut disana-sini dan objek yang sedang diayomi nya pun anak-anak kecil yang lucu. Saking ingin ikut bergabung sama lingkaran kebahagiaan itu, saya akhirnya ikut gabung ketawa haha hihi dan ikut mewarnai gambar bersama adik-adik. Menyenangkan sekali! Kapan lagi mewarnai? Hehe.

Di hari itu, hampir semua sudut telah disentuh oleh tim dekorasi MMD. Bahagia loh melihat progress yang pesat dari lapangan kosong menjadi lapangan yang dipenuhi tenda pleton dan tertata rapih. "ternyata bisa ya kalau dikerjakan bareng-bareng"

Bagian favorit saya sejak hari pertama adalah pada waktu malam hari. Dingin tapi sekaligus hangat. Dingin dari udara sekitar, hangat dari keluh kesah, canda tawa dan cerita teman-teman :)

DOKUMENTASI HARI 2





Untuk hari ke-3 sampai hari ke-5, semua sudah diatur oleh rundown panitia bidang acara. Menyambut mahasiswa baru, games, gerakan pungut sampah, bazar baju murah, joget bareng mat bitel, nonton video organisasi,  daaan kegiatan menyenangkan lainnya.

Yang gak akan dilupakan di hari ketiga, saya dan salah satu teman harus buru-buru kembali ke Bandung untuk daftar ulang perkuliahan! Bodohnya kita lupa untuk daftar ulang perkuliahan dan hari itu hari terakhir daftar ulang. Kebodohan hakiki. Bagian penting malah dilupakan, jadinya malah repot sendiri hahaha. Tepos deh itu bokong bolak balik Bandung dalam sekian jam cuma untuk daftar ulang.

Dari keseluruhan total 5 hari saya disitu, tak pernah satu hari pun kita semua yang ada disitu kekurangan makanan. Makanan datang 3 kali sehari dan snack "kesejahteraan" pun selalu tersedia tiap harinya. Makanannya pun ga tanggung tanggung enaknya. Bahkan sampai ada hari-hari dimana saya bosen makan. "perasaan baru makan, eh makanan baru udah dateng lagi" padahal kalau dilihat jam nya ya makanan selalu datang tepat waktu, kitanya aja yang makannya sering telat. Makanan untuk siang hari dimakan sore menjelang malam gara-gara kerjaan dan 2 jam kemudian makan malam datang, ya iya lah ngomong "perasaan baru makan" hahaha.

DOKUMENTASI HARI 3-5




Terakhir, kenapa MMD?
Hahaha pertanyaan penting. MMD itu menyenangkan, bukan Cuma karena tugas-tugas nya yang suit sama saya, tapi orang-orang yang ada di dalamnya juga sangat menyenangkan. Pertama kali saya ikut jadi bagian MMD adalah di Jamteks 36. Masa kepanitiaan itu meninggalkan kesan yang baik, jadi tahun ini pun saya memilih untuk terjun di ranah yang sama dengan orang-orang yang sefrekuensi.

Gara-gara MMD saya bisa berlari kesana kemari bebas tanpa hambatan ke tengah-tengah semua bidang dengan membawa label "saya harus mendokumentasikan ini". Favorit!

Saya bisa bebas berada di sekeliling anak posko yang sedang sibuk mendirikan tenda dan bahu membahu menyusun kayu bakar raksasa tanpa harus minder karena "saya harus mendokumentasikan ini".

Saya bisa naik ke panggung bersama anak anak acara dan games untuk mendapatkan video dengan angle terbaik tanpa harus merasa malu karena "saya harus mendokumentasikan ini".

Saya bisa berada di tengah tengah tenda konsumsi atau mondar mandir di area mereka karena "saya harus mendokumentasikan ini"

saya bisa dengan bebas mengikuti kegiatan bersama warga sekitar dan adik adik madrasah bersama panitia pengmas, merasakan gelombang kegembiraannya, melihat tawa ibu dan anak anaknya, tanpa harus merasa tidak nyaman karena "saya harus mendokumentasikan ini"

Enak kan jadi panitia dokumentasi. Tidak akan ada yang melarang saya sekalipun saya berdiri tepat di depan pembawa acara jika saya mengantongi tiket "dokumentasi" itu hehe. Seriusaans.

Jadi gak sabar duduk di menara Jamteks 38, nanti ah kuy, kita bikin lingkaran penerus MMD lagi :)

XOXO -unemenel-

MMD Membara, MMD Berkaryo!
ps: #nofilter for my picts this time. and i'm proud of it hahaha

You Might Also Like

4 comments

  1. yang ntu tuh jadi kaya ketawa gitu ya, serius, itu keren!

    ReplyDelete
  2. yoiii.. gue mau milih yang mana aja juga keren kali bossh. wohoo

    ReplyDelete

SUBSCRIBE


unemenel

unemenel